Training Puscast “Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting”

Tanggal Rilis 26 August 2021

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa (FISIP TV WARMADEWA) bekerjasama dengan Warmadewa Collage menyelenggarakan “PUSCAST” Pelatihan Public Speaking dan Broadcasting pada hari Rabu, 25 Agustus 2021 di Ruang Teater Widya Mandala Universitas Warmadewa dengan mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan secara hybrid ini dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa, dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Direktur Warmadewa College beserta jajaran, serta Wakil Dekan III FISIP Unwar. Peserta yaitu staf Humas di lingkungan Unwar dan Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, serta anggota FisipTV Unwar.

Keynote Speaker pada kegiatan ini yaitu Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Bapak Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. dengan Narasumber yang telah berpengalaman dalam bidang Public Speaking maupun Broadcasting ini antara lain :

  1. Erick EST (Sutradara Film, Video Clip).
  2. Anak Agung Gede Ananda Murti (Second Place in TV Comercial – Tirta, Bharatika Creative Design Festival 2020).
  3. Agus Darma Yoga Pratama (MC, Dosen Pascasarjana Unwar)

Pelatihan ini bertujuan untuk membentuk karakter untuk lebih percaya diri di hadapan kamera maupun orang banyak dan lebih mendalami mengenai dunia public speaking dan broadcasting. Pemateri juga banyak memberikan saran serta masukan agar ke depannya hasil yang di dapat dari pelatihan ini berguna untuk kedepannya.

Dekan FISIP Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si., pada kesempatan tersebut mengatakan perkembanagan layanan informasi belum sebanding dengan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidangnya, yang sejalan dengan tuntutan dan perkembangan jaman saat ini. Lebih luas seorang penyiar dituntut untuk dapat menyusun dan mengemas suatu program yang dapat dinikmati oleh masyarakat luas dari berbagai kepentingan. Untuk itu mereka perlu dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang dapat menunjang kelancaran tugas secara maksimal. Selain itu kemampuan berbicara adalah salah satu hal penting yang perlu dikuasai oleh seseorang secara umum, karena sebagian besar waktu digunakan untuk berkomunikasi dengan orang lain terutama komunikasi lisan.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., menghimbau agar kegiatan ini harus menerapkan protokol kesehatan secara baik sehingga kita tidak menjadikan pandemi Covid-19 sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa. Karena hidup harus tetap berjalan dan tentu dengan pola-pola yang baru. Ia mengatakan kegiatan ini menjadi penting karena era teknologi informasi yaitu salah satu kuncinya yaitu berkomunikasi. Berkomunikasi tidak semata-mata antar personal tetapi berkomunikasi dengan public apa yang disebut dengan human relation dan public relation. Kedua hal ini akan bisa berjalan dengan baik apabila kita memiliki kemampuan untuk melakukan public speaking.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *