Ilmu Pemerintahan

Tanggal Rilis 1 November 2016

FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK (FISIPOL)

JURUSAN ILMU PEMERINTAHAN

Informasi dan Pendaftaran

Sekretariat  Jurusan  Ilmu Pemerintahan Fisipol Unwar:

Jl. Terompong No. 24 Tanjung Bungkak Denpasar.

Telp. (0361)7449631; 223858 Psw. 34;

Fax. (0361) 235073 Email:[email protected]

CP:

  1. Diah Rukmawati:0361-7867021.
  2. I Ketut Jika: 081246378624

Untuk Program Pascasarjana Magister Administrasi Publik(http://www.pasca.warmadewa.ac.id/mata-kuliah-administrasi-publik), hubungi:

Dr. Dra. AA Ayu Dewi Larantika,SE, MSi  Hp. 0813-3871-1644

PROGRAM STUDI S1 REGULER DAN NON REGULER ILMU PEMERINTAHAN

Pengantar

Reformasi politik menghendaki adanya penegakkan clean government dan good governance baik di tingkat pusat maupun daerah. Untuk itu diperlukan transformasi paradigma dan orientasi pemerintahan yang lebih mengutamakan transparansi, akuntabilitas dan partisipasi masyarakat.

Sampai saat ini masih terjadi distorsi partisipasi masyarakat dan masih terjadi kesenjangan fungsi pelayanan publik yang dapat diberikan oleh pemerintah. Akibatnya terjadi krisis kepercayaan pada aparat pemerintah, anggota legilsatif maupun institusi infrastruktur politik.

Salah satu penyebabnya tidak ada kesamaan persepsi akibat dari tingkat kualitas SDM yang relatif belum mampu memahami dan melaksanakan apa yang menjadi tugas pokok, fungsi dan kewenangannya.

Program S1 Eksekutif Ilmu Pemerintahan yang bernaung di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Warmadewa (terakreditasi B dengan Keputusan BAN-PT Depdiknas Nomor: 018/BAN-PT/Ak-XI/S1/VIII/2008) diselenggarakan dalam kaitan dengan perubahan tersebut. Sekaligus guna mencerdaskan kehidupan bangsa dengan peningkatan kualitas SDM dalam bidang pemerintahan dan politik lokal melalui jalur pendidikan tinggi.

Tujuan

  1. Memahami masalah-masalah politik dan pemerintahan yang selalu berkembang;
  2. Meningkatkan kualitas SDM dalam bidang Ilmu Pemerintahan;
  3. Menghasilkan sarjana Ilmu Pemerintahan yang cerdas, berkualitas dan profesional, yang tidak saja handal tetapi juga punya komitmen sosial tinggi.

Peserta

Mahasiswa Prodi Ilmu Pemerintahan berasal dari berbagai daerah dengan keberagaman latar belakang (belum bekerja: lulusan SMA/ SMK, atau sudah bekerja: profesional, birokrat/ pegawai, politisi/ legislator, wartawan, LSM, dan masyarakat umum). Heterogenitas ini menunjukkan bahwa program ini memiliki jangkauan profesi yang luas, dan kurikulum yang ditawarkan memiliki relevansi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh lebih dari 850 orang alumni Program Reguler Ilmu Pemerintahan yang telah dihasilkan sejak 1984. Jumlah peserta tiap kelas dibatasi maksimal 40 orang demi efisiensi perkuliahan.

Kurikulum dan Masa Studi

Kurikulum program ini mengacu pada kurikulum nasional dengan beberapa tambahan muatan lokal. Jumlah Satuan Kredit Semester (SKS) yang harus ditempuh selama masa studi adalah 150 SKS yang terdiri dari Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), Mata Kuliah Keahlian (MKK), Mata Kuliah Konsentrasi (MKK) dan Skripsi. Masa studi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan program ini rata-rata 3 tahun bagi peserta dengan ijazah SMA/ SMK. Waktu tempuh studi bisa lebih pendek, bila peserta sudah pernah mengikuti kuliah sebelumnya.

Dosen Pengajar

Dalam proses belajar mengajar mata kuliah diampu oleh para dosen ilmu pemerintahan lulusan perguruan tinggi ternama di tanah air seperti UGM, Unpad dan Unud yang telah berkualifikasi S3 (1 orang), kandidat doktor (2 orang) S2 (6 orang), dan 1 orang sedang studi S2. Untuk memberikan tambahan pemahaman tentang masalah-masalah praktis bidang politik dan pemerintahan, beberapa mata kuliah juga diampu secara langsung oleh dosen luar biasa dari kalangan profesional, birokrat senior, politisi/ legislator, pengelola media/ wartawan, aktivis LSM dan pengusaha.

Sistem Perkuliahan

Perkuliahan Program Reguler menggunakan Sistem Kredit Semester sedangkan untuk Program Non Reguler dilakukan penyesuaian untuk fleksibilitas waKtu dan masa studi yaitu diselenggarakan setiap hari Kamis, Jumat dan Sabtu (17.30-21.30 wita). Metode perkuliahan dilakukan sesuai dengan Garis Besar Pedoman Perkuliahan (GBPP) dan Satuan Acara Perkuliahan (SAP), dengan tatap muka, tugas-tugas, dan diskusi. Setiap mata kuliah dilengkapi dengan modul atau hand out.

Pelayanan administrasi diberikan secara khusus oleh staf tata usaha dengan sistem layanan pada setiap hari kerja.

Mata Kuliah Bidang Keahlian

Mata kuliah bidang keahlian yang diberikan meliputi:

Bidang Keahlian: Politik Lokal dan Otonomi Daerah

Mata Kuliah:

  1. Politik Pemerintahan Daerah
  2. Politik Pemerintahan Desa
  3. Hubungan Pusat dan Daerah
  4. Budaya Politik Lokal

Bidang Keahlian: Manajemen Pemerintahan Daerah

Mata Kuliah:

  1. Organisasi dan Manajemen Pemerintahan Daerah
  2. Manajemen Strategis Sektor Publik
  3. Politik Keuangan Daerah
  4. Kepemimpinan dalam Pemerintahan Daerah

Bidang Keahlian: Kebijakan Daerah

Mata Kuliah:

  1. Teori Kebijakan Daerah
  2. Analisis dan Evaluasi Kebijakan Daerah
  3. Proses Legislasi di Daerah/ Legal Drafting

Gelar Akademik

Bagi mahasiswa yang berhasil menyelesaikan studinya dalam program ini berhak menyandang gelar S.I.P. (Sarjana Ilmu Politik).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *