Fisip Unwar Manggala Karya Piodalan Saraswati

Tepat pada rahina Saniscara Umanis Watugunung umat Hindu memperingati Hari Raya Saraswati, yakni dipercayai turunnya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan ke bumi. Terkait hal tersebut, Universitas Warmadewa sebagai salah satu perguruan tinggi di Bali secara rutin menggelar upacara saat hari turunnya ilmu pengetahuan ini.

Dekan Fisip Unwar, Drs. I Wayan Mirta, M.Si selaku Manggala Karya pada piodalan kali ini menyampaikan kegiatan piodalan dilaksanakan oleh tempekan pemaksan Fisip Unwar, dan rangkaiannya dilaksanakan sejak tanggal 22 Maret yang lalu dengan ngaturang ngayah oleh panitia inti, serta dibantu oleh semua tempekan fakultas yang ada di Universitas Warmadewa. “Sehingga tepat pada hari ini dilaksanakan upacara Hari Sanghyang Aji Saraswati yang diharapkan berjalan dengan baik tanpa kekurangan satu apapun,” harapnya.

Ditambahkannya, jika pada tahun lalu dilaksanakan dengan keterbatasan karena situasi pandemi, bersyukur pada piodalan kali ini diberikan kelonggaran sehingga bisa dilaksanakan tanpa ada keterbatasan. Dengan demikian, kedepannya diharapkan piodalan pada Hari Raya Saraswati bisa dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya sebelum adanya covid.

Rektor Universitas Warmadewa, Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.ParK mengatakan, Hari Raya Saraswati merupakan hari yang sangat istimewa, karena pada hari raya ini, turunnya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan sehingga diharapkan pada hari Saraswati ini memberikan inspirasi kepada seluruh civitas akademika Universitas Warmadewa beserta karyawan untuk berbenah diri dan meningkatkan kebijaksanaan dalam segala tugas yang diemban.
“Dan apa yang kita angan-angan kan ke depan bisa selamat tercapai, dan hakikat dari memperingati Hari Raya Saraswati adalah untuk melaksanakan esensi dari hari turunnya ilmu pengetahuan yang wajib diterapkan oleh semua umat nya,” ucap Prof. Widjana seraya menambahkan penerapan filosofi tersebut utamanya dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan bijak sehingga dalam melaksanakan tugas kesehariannya nya betul-betul berlaku sesuai dengan yang berlaku dan disepakati dengan bersama.

“Atas nama Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali sebagai badan pengelola Universitas Warmadewa, Warmadewa Collage, Warmadewa Properti, SMK Warmadewa dan PAUD Warmadewa, saya mengucapkan selamat merayakan Hari Saraswati untuk umat Hindu yang kita maknai sebagai simbol turunnya ilmu pengetahuan dalam bentuk pencerdasan dan pencerahan dari kegelapan menuju dunia yang terang begitu juga kebodohan menjadi ketajaman dalam kita berpikir, dalam menghadapi semua permasalahan,” ucap Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si saat hadir dan ngaturang bakti piodalan Saraswati di Kampus Unwar.

Menurutnya, Hari Raya Saraswati juga merupakan modal dasar untuk meningkatkan sumber daya manusia baik secara kualitatif maupun kuantitatif. Selain itu, Saraswati merupakan momentum yang sangat tepat untuk menjadikan seluruh umat manusia untuk menjadi damai dan sejahtera serta bijaksana.

Leave a Reply