Fisip Unwar Kerjasama Prodi MAP PPs Unwar Gelar Kuliah Umum Mensejahterakan Bali Melalui Otonomi Daerah

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa (Fisip Unwar) bekerjasama dengan Program Studi Magister Administrasi Publik Program Pascasarjana Universitas Warmadewa (Prodi MAP PPs Unwar) menyelenggarakan Kuliah Umum “Mensejahterakan Bali Melalui Otonomi Daerah” secara hybrid yang berpusat di Ruang Sidang Sri Kesari Warmadewa Mandap, Selasa (28/6/22).

Kuliah Umum ini menghadirkan narasumber Made Suwandi, MSoc.Sc., Ph.D yang merupakan Tenaga Ahli Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah dan di moderatori oleh Drs. I Nyoman Wiratmaja, M.Si., selaku Dosen Fisip Unwar.

Rektor Unwar yang diwakili oleh Wakil Rektor I, Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., membuka acara secara resmi dan dalam sambutannya memberikan apresiasi serta menyambut baik kuliah umum ini karena kegiatan ini adalah ranah akademik yang jika dilihat dari segi kebebasan akademik dan otonomi keilmuan, disinilah tempatnya semua warga civitas akademik menyampaikan kaidah-kaidah sesuai dengan kewenangan. Ini dikatakan milik pribadi dari seorang anggota civitas akademik tetapi tetap dalam lindungan pimpinan perguruan tinggi dalam hal ini adalah Rektor. Kaidah-kaidah tersebut harus dijalankan karena ilmu itu tidak saja datang dari sumber belajar yang dimiliki di perpustakaan karena ilmu itu datang dari hasil diskusi sehingga ranah kognitif skill yang didapatkan dari seluruh civitas akademik khususnya mahasiswa akan didapatkan dari kebebasan mimbar akademik otonomi keilmuan. Ranah mimbar akademik adalah seseorang yang memiliki wewenang khusus untuk mengemukakan pendapat sesuai dengan kaidah-kaidah keilmuan. Selanjutnya, ia menyampaikan bahwa kegiatan kuliah umum ini secara eksternal adalah untuk penguatan lembaga karena semua bekerja berdasarkan standar-standar yang telah ditetapkan baik itu pada SN Dikti No Tahun 2020 dan standar yang pihaknya tetapkan. Mengenai tema kuliah umum kali ini, sudah ada pakar yang menguasai dari segi keilmuan dan melalui kuliah umum ini diharapkan dapat melahirkan konsep-konsep baru di bidang otonomi.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali, Dr. Drs. Anak Agung Gede Oka Wisnumurti, M.Si., yang sekaligus menjadi Keynote Speaker dalam kuliah umum ini berharap agar mahaiswa Fisip Unwar dan mahasiswa Prodi MAP PPs Unwar mendapatkan berbagai pengetahuan dari masalah-masalah otonomi yang kemudian bisa diangkat dan dirumuskan baik itu di laboratorium otonomi daerah maupun di laboratorium kebijakan publik untuk bersama-sama menggarap ini dengan baik dan berkelanjutan. Kuliah umum tidak sekedar kuliah yang dihadiri oleh umum dan selesai, tetapi kuliah umum adalah koma untuk lebih lanjut diteruskan dalam diskusi-diskusi yang lebih hangat dan lebih fokus serta memberikan solusi terhadap masalah otonomi di satu sisi dan masalah daerah di sisi yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published.