Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Warmadewa (Unwar) menyelenggarakan Yudisium Sarjana ke-58 pada Kamis, 6 September 2018 di Ruang Sri Ksari Warmadewa Mandapa. Acara dihadiri Ketua Dewan Pembina YKKPB yang juga sebagai Dosen Fisip, Dekan dan para Wakil Dekan Fisip, Ketua dan Sekretaris Jurusan Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Fisip, Ketua UPM Fisip, Ketua Lab Fisip, Dosen dan Pegawai di lingkungan Fisip, Ketua BEM dan DPM Fisip, Ketua HMJ Ilmu Pemerintahan dan Ilmu Administrasi Fisip serta orang tua/wali yudisiawan. Dekan Fisip Unwar secara resmi melepas 23 orang sarjana baru yang terdiri dari Sarjana Ilmu Pemerintahan sebanyak 14 orang dan Sarjana Ilmu Administrasi sebanyak 9 orang.

Adapun yang meraih Indek Prestasi Kumulatif (IPK) tertinggi di  Prodi Ilmu Pemerintahan atas nama Martina Dewi Nofemina Dambo IPK 3,41 dengan predikat Sangat Memuaskan dan peraih IPK tertinggi Prodi Ilmu Administrasi atas nama Ardiyanus Galu Wola IPK 3,40 dengan predikat Sangat Memuaskan. Ketua Panitia Made Bayu Adhinata Permana, S. Ip., M.Sc. mengatakan yudisium kali ini menambah jumlah alumni Fisip Unwar menjadi 1587 orang. Dalam laporannya, Ketua Panitia berharap agar para yudisiawan mampu mengamalkan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah untuk diaplikasikan di masyarakat dan menjaga nama baik almamater.

Perwakilan yudisiawan dalam penyampaian pesan dan kesannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Fisip Unwar atas kesempatan dan fasilitas yang telah diberikan kepada mahasiswa selama menempuh Pendidikan Program Sarjana (S1) serta para dosen yang telah mewariskan ilmunya kepada mahasiswa dan telah mendidik mahasiswa menjadi lebih baik lagi. “Kami bangga menjadi bagian dari  Fisip Unwar” tegasnya. Harapannya selepas ini, alumni Fisip Unwar dapat menjadi individu yang handal dan mampu bersaing dengan lulusan-lulusan dari tempat lain serta dapat menjaga nama baik almamater.

Perwakilan orang tua/wali yudisiawan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya Fisip Unwar karena telah memberikan fasilitas kepada anak-anak mereka sehingga bisa berhasil menyelesaikan pendidikan S1. Ia berharap kepada para yudisiawan untuk terus belajar. “Janganlah berhenti untuk belajar,  memang satu tahapan yang sangat membanggakan bagi kami sebagai orang tua kalian telah berhasil menempuh pendidikan yang tinggi yang tentunya tidak banyak orang yang mempunyai kesempatan berhasil sampai jenjang ini.”, imbuhnya.

Perwakilan Alumni Putu Eka Mahardika, S.Ap., MAP mengatakan semoga dengan diselesaikannya pendidikan S1 ini bisa memberikan ilmu, pengetahuan dan pengalaman kepada para yudisiawan sehingga bisa didedikasikan di masyarakat. Ia juga mengucapkan selamat bergabung di ikatan alumni Fisip Unwar dan berharap kepada seluruh yudisiawan dengan sadar ikut berpartisipasi dalam kegiatan alumni, karena seorang alumni sangat penting untuk memajukan diri sendiri, lembaga, dan juga lingkungan. “Di alumni kita akan membangun sebuah network, berbagi informasi dan inilah kekuatan alumni Fisip Unwar dan ini harus terwujud. Saya harapkan yang  akan bergabung di ikatan alumni ini berkontribusi aktif baik secara pemikiran, ide, dan gagasan sehingga alumni Fisip Unwar ini bisa semakin besar, gaungnya tidak hanya di Warmadewa, tidak hanya di Bali semata tetapi kalau kita bisa Indonesia bisa menjadi rumah yang tepat untuk alumni Fisip Unwar.”, harapnya.

Dekan Fisip Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si., mengatakan para sarjana yang dilepas kali ini cukup beragam, ada yang bekerja baik swasta maupun PNS, ada juga yang belum bekerja, ada yang sudah berkeluarga dan sebagainya. Ini menunjukkan kuliah di Fisip tidak ada hambatan bagi yang sudah bekerja maupun yang sudah berkeluarga, karena Fisip berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi mahasiswa walaupun dengan keterbatasan yang dimiliki. Keberhasilan para yudisiawan menyelesaikan studi ini tidak lepas dari kerja kerasnya dan dorongan oleh orang tua dan keluarga yang dengan sabar memberikan dukungan material maupun moril, disamping itu dosen juga memberikan dukungan tanpa mengenal lelah. Yang cukup membanggakan dalam setiap penerimaan CPNS banyak lulusan Fisip Unwar yang diterima. Ini suatu bukti lulusan Fisip Unwar mampu bersaing dan menunjukkan kemampuannya. Kebanggaan bagi Fisip Unwar bahwa lulusannya telah menjadi orang-orang sukses ditempat dimana ia mengabdi. “Saya berpesan kepada kalian agar tetap selalu menjaga nama baik almamater kita dan ikut membantu menyebarluaskan eksistensi Fisip Unwar sebagai tempat menimba ilmu.”, pungkasnya.