Seminar Nasional

Tanggal Rilis 27 September 2017

 WhatsApp Image 2017-09-27 at 12.01.08(1)

Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwar menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Reformasi Tata Pemerintahan” pada Rabu, 27 September 2017 di Ruang Auditorium Widya Sabha Uttama Unwar. Acara ini diselenggarakan serangkaian acara Musyawarah Wilayah II (Jawa, Bali dan Nusa Tenggara) Forum Komunikasi dan Kerjasama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan se-Indonesia.

Acara dibuka Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca, M.Si., dihadiri Wakil Ketua Yayasan Kesejahteraan KORPRI Propinsi Bali, Dekan FISIP, para Wakil Dekan, para Ketua dan Sekretaris Jurusan, Pejabat Struktural, dan Dosen di lingkungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwar.

Narasumber Wakil Bupati Badung Drs. Ketut Suiasa dengan materi Reformasi Pemerintahan di Kabupaten Badung, Akademisi Jurusan Ilmu Pemerintahan FISIP Unwar Drs. I Made Suantina, M.Si., dengan materi Makna dan Tujuan Reformasi Tata Pemerintahan, dan Asisten I Sepda Provinsi Bali dimoderatori Made Wimas Candranegara, S.Sos., M.Si.

Delegasi dari 10 Universitas di Jawa, Bali dan Nusa Tenggara diantaranya Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Muhamadiyah Malang, Universitas Muhamadiyah Mataram, Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Jakarta (STIP AN), APMD Yogyakarta, Universitas Diponegoro, Universitas Muhamadiyah Yogyakarta, Universitas Ahmad Yani dan Universitas Warmadewa.

Ketua panitia yang diwakili oleh wakil ketua panitia mengatakan
tujuan dari kegiatan ini selain menumbuhkan silaturahmi antar mahasiswa Ilmu Pemerintahan Wilayah II juga untuk menumbuh kembangkan wacana keilmuan antar sesama Mahasiswa Ilmu Pemerintahan Wilayah II serta menanamkan dan merealisasikan peran mahasiswa sebagai Agent of Change (agen perubahan), Iron Stock (tulang punggung bangsa dan negara) dan social control (kontrol sosial terhadap isu dan permasalahan yang ada baik dalam masyarakat maupun pemerintahan).

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si menyampaikan penghargaan yang tinggi karena telah memberikan kepercayaan kepada FISIPOL Unwar untuk melaksanakan kegiatan ini sehingga peran Unwar dalam kontribusi pemikiran untuk membangun daerah dan masyarakat dapat ditingkatkan di tahun mendatang. Diharapkan dari musyawarah ini dapat tercipta rasa persaudaraan agar mahasiswa Ilmu Pemerintahan serta dapat memberikan pengalaman pembelaran bagi seluruh peserta agar nantinya dapat berkontribusi dengan baik di lingkungan kampus maupun masyarakat serta ikut mengawasi pembangunan daerah.

Rektor Unwar yang diwakili Wakil Rektor I Unwar Ir. I Nyoman Kaca, M.Si menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi karena tugas dari perguruan tinggi adalah mengadakan forum-forum ilmiah sebagai kajian yang nantinya bisa diberikan rekomendasi kepada pemerintah. Forum-forum ilmiah ini adalah salah satu bagian dimana mahasiswa mendapatkan sumber belajar tidak hanya berasal dari e-book / text book yang ada di perpustakaan tetapi sumber belajar juga berasal dari komunikasi kita baik dalam bentuk kelompok maupun individu. Kegiatan forum akademik ini salah satu upaya untuk menciptakan budaya akademik di perguruan tinggi.

WhatsApp Image 2017-09-27 at 12.01.07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *