Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa dilaksanakan di Desa Siangan Kecamatan Gianyar sabtu 24-25 Nopember 2018 dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Propinsi Bali Dr. Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si,  dan Seluruh Dosen dan pegawai di lingkungan Fisip Unwar serta 150 lebih mahasiswa angkatan 2018, pengabdian ini dilaksanakan serangkaian acara peringatan HUT- BK Fisip yang ke-34.

Acara ini dibuka oleh dekan Fisip Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa pembangunan merupakan tanggung jawab bersama dari warga Negara Indonesia termasuk didalamnya adalah Perguruan Tinggi serta civitas akademikanya. Wujud dari pelaksanaan pembangunan dituangkan dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Pengabdian kepada Masyarakat ini merupakan pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya adalah bidang Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Masyarakat di Wilayah pedesaan merupakan potensi dan berbasis dari pembangunan Nasional secara keseluruhan, dimana keberhasilan pembangunan masyarakat di wilayah pedesaan merupakan tolak ukur dari keberhasilan pembangunan yang tercemin dari kemajuan Negara. Mengingat sebagian besar penduduk Indonesia hidup di wilayah pedesaan, maka segala upaya dan pikiran perlu dikerahkan untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Hal ini menjadi tanggung jawab semua pihak baik lembaga pendidikan, instansi pemerintah/swasta maupun pemerintah itu sendiri” tuturnya.

Sehubungan dengan hal tersebut Fakultas Ilmu sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa menyelenggarakan Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Siangan, Kabupaten Gianyar diantaranya pada hari pertama  menggelar Simakrama dengan tema Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa Melalui Manajemen Kelembagaan Desa Guna Pemberian Pelayanan Prima kepada Masyarakat dan mengelola potensi Desa Berbasis Kearifan Lokal dengan narasumber dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Gianyar, kemudian dilanjutkan dengan menggelar lomba-lomba antara mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa dengan Karang Taruna Desa Siangan diantaranya lomba bulutangkis, lomba sepakbola dan lomba tarik tambang dimana tujuan dari lomba ini adalah untuk menggali potensi pemuda setempat serta dalam meningkatkan sportifitas dan pada malam harinya masyarakat desa siangan disuguhkan dengan acara hiburan berupa Bondres dari grup Dadong Rerod sekaligus diisi dengan Sosialisasi Penyuratan Awig-Awing dimana acara ini bekerjasama dengan LPM (Lembaga Pengabdian Masyarakat) Universitas Warmadewa.

Pada hari kedua kegiatan pengabdian masyarakat ini diisi dengan kegiatan penanaman pohon Jepun dan bersih bersih yang dilaksanakan di areal Pura Beji Petapan Desa Adat Siangan. Dimana pada kesempatan ini pula dilaksanakan peresmian tembok penyengker dan Prasasti nama Pura Beji Petapan Desa Siangan

Sebelum acara resmi ditutup oleh dekan, salah satu tokoh puri Desa Siangan Dr. Drs. A.A Gede Oka Wisnumurti, M.Si menyampaikan dengan kegiatan pengabdian ini memberikan manfaat dan pengalaman baru bagi mahasiswa untuk mengenal lingkungan kehidupdan di Desa. Lewat kegiatan pengabdian masyarakat ini akan memberikan dapak yang positif terhadap mahasiswa, bersosialisasi dan mengaplikasikan ilmu yang didapatkan di bangku kuliah, dengan potensi kreatifitas yang ada. Pengabdian ini diharapkan memberikan manfaat selain untuk mahasiswa itu sendiri juga bisa bermanfaat untuk masyarakat di Desa.

Dekan selaku pimpinan mengucapkan banyak terimakasih kepada aparat Desa Siangan yang telah memberikan waktu dan tempat kepada kami untuk melaksanakan Pengabdian.