Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakuktas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Warmadewa menyelenggarakan Lomba Esai serangkaian HUT BK-34 Fisip Unwar di Ruang Jayasingha Warmadewa Mandapa Unwar dan di Ruang Teater Unwar pada hari Sabtu, 17 November 2018. Acara dihadiri oleh Dekan FISIP Unwar, Para Dewan Juri Lomba, WD I, WD II, WD III FISIP Unwar, Kajur dan Sekjur dilingkungam FISIP Unwar, Ka. Lab FISIP Unwar, UPM FISIP Unwar, Dosen dan Staf dilingkungan FISIP Unwar, Ketua DPM dan Presiden BEM Unwar, Ketua DPM dan Presiden BEM FISIP Unwar, Ketua HMJ dilingkungam FISIP Unwar, dan seluruh peserta Lomba Essay Nasional.
Dalam laporannya Ketua Panitia I Made Yudi Dwipayana menyampaikan bahwa Lomba Esai Mahasiswa tingkat Nasional dan Lomba Esai SMA/SMK se Bali merupakan serangkaian acara HUT BK FISIP Unwar yang ke 34 Tahun 2018 dengan mengusung tema “Kebersamaan Dalam Nuansa Ilmiah”.  Lomba Esai Mahasiswa tingkat Nasional diikuti oleh 20 Universitas di Indonesia dan diseleksi kembali menjadi 10 besar finalis yang akan mempresentasikan Esai nya. Sedangkan untuk Lomba Esai SMA/SMK se Bali diikuti oleh 22 sekolah di Bali dan dilakukan seleksi menjadi 10 besar finalis yang akan mempreantasikan esai nya. Ketua panitia juga menyampaikan banyak terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak sehingga dapat terselenggaranya kegiatan ini.
Dalam sambutannya sekaligus membuka acara Dekan FISIP Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si., menyampaikan bahwa kebhinekaan merupakan realitas bangsa yang tidak dapat dipungkiri keberadaanya untuk mendorong terciptanya perdamaian dan kehidupan Bangsa dan Negara. Sehingga kebhinekaan ini harus dimaknai oleh masyarakat dengan pemahaman multikulturalisme yang berlandaskan spiritualitas. Perbedaan etnis, religi, maupun ideologi menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah bangsa Indonesia. Hal inilah yang menjadi perekat untuk bersatu dalam kemejemukan bangsa.
Lomba Esai Mahasiswa tingkat Nasional dan Lomba Esai Siswa SMA/SMK se Bali dijadikan sebagai alat dalam membentuk suatu kebersamaan guna menuntun kita untuk menuju pemikiran Ilmiah, inovatif dan bernilai. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh peserta serta mampu meningkatkan kesadaran para pemuda tentang Pancasila, membagun sifat kritis,dan mengasah gagasan pemuda yang dituangkan lewat tulisan. Selain itu lomba ini juga bertujuan untuk memfasilitasi para peserta lomba untuk mengembangkan bakat dan minat untuk menulis.
Adapun peserta dalam Lomba Esai Mahasiswa tingkat Nasional adalah:
1. Institut Telnologi Kalimantan
2. Univ. Pendidikan Indonesia Bandung
3. Univ. PGRI Adi Bhuana Surabaya
4. Univ. Telkom Bandung
5. Univ. Jember
6. Univ. Negeri Semarang (2 tim)
7. STIMIK STIKOM Bandung
8. Univ. Brawijaya Malang
9. Univ. 11 Maret Surakarta
Sedangkan untuk peserta Lomba Esai SMA/SMK se Bali adalah :
1. SMA N 4 Denpasar (5 tim)
2. SMA Bali Mandara (2 tim)
3. SMAN 5 Denpasar
4. SMAN 1 Kuta
5. SMK Bali Mandara
Untuk Dewan Juri Lomba Esai Mahasiswa Tingkat Nasional adalah:
1. Prof. Dr. I Made Suwitra, SH., MH.
2. I Nyoman Gede Maha Putra, ST., MSC., Ph.D.
3. I Wayan Nitayadnya, SS., M.Hum.
Untuk Dewan Juri Lomba Esai SMA/SMK se Bali adalah :
1. Dra. Ketut Sri Swatiningsih, M.Si., M.Pd.
2. I Made Wimas Candranegara, S.Sos., MAP.
3. Dr. Ida Ayu Sri Widnyani, MAP.