HMJ ILMU ADMINISTRASI UNWAR JADI TUAN RUMAH FAMI TAHUN 2018

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Warmadewa (Unwar) menjadi Tuan Rumah dalam Sidang Forum Administrator Muda Se-Bali (FAMI) Tahun 2018 pada Jumat, 20 April 2018 di Ruang Sri Ksari Warmadewa Mandapa. Acara dihadiri oleh Dekan dan para Wakil Dekan Fisip Unwar, Ketua dan Sekretaris Jurusan di lingkungan Fisip Unwar, Ketua Lab Fisip Unwar, Ka. UPM Fisip Unwar, Dosen dan Pegawai di lingkungan Fisip Unwar, Ketua DPM dan BEM Unwar, Ketua DPM dan BEM fisip Unwar, Delegasi Unwar, Delegasi Universitas Udayana, Delegasi Universitas Pendidikan Nasional, Delegasi Universitas Ngurah Rai, Delegasi Universitas Mahendradata.

Rangkaian acara pada kegiatan hari ini yakni Penyampaian Teknis Acara FAMI 2018, pengenalan Masing-Masing Delegasi, Persiapan Penyampaian Permasalahan terkait Tema oleh seluruh Delegasi, Presentasi para Delegasi, Penarikan Kesimpulan dan Rekomendasi, Sidang FAMI I (Pemilihan dan Penetapan Formatur, Pembahasan Jadwal Sidang, Pembahasan Tata Tertib Sidang) dan Sidang FAMI II (Pemilihan Sekjen FAMI 2018-2019, Pemilihan Tuan Rumah FAMi 2019, dan Penentuan Tema FAMI 2019).

Ketua Panitia I Putu Giri Prasta Sentana dalam laporannya mengatakan Forum Administrator Muda Se-Bali (FAMI) merupakan sebuah forum komunikasi berbasis riset, peserta FAMI yakni mahasiswa yang merupakan delegasi (perwakilan) dari mahasiswa program studi/jurusan Ilmu Administrasi seluruh Universitas di Bali. Yang kali ini mengusung tema “Kebijakan Pembangunan Berbasis Potensi Keunggulan Pariwisata”. Kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi kajian-kajian dari seluruh Universitas yang ada di Bali guna mempersatukan para administrator muda Bali dalam satu wadah yg dapat menghasilkan output yg nantinya sebagai salah satu rekomendasi dan masukkan kepada pemerintah daerah Bali.

Sekjen FAMI Periode 2018 Beatriks Daflora Permai dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para seluruh undangan dan seluruh delegasi karena sudah menyempatkan diri untuk hadir pada kegiatan ini. “Suatu kebanggaan bagi saya dan bagi panitia juga bahwa pelaksaan FAMI tahun 2018 ini dihadiri oleh 5 Delegasi dari 5 Universitas dan sudah membawa anggota delegasinya lengkap. Dalam pelaksanaan FAMI sesungguhnya bukanlah suatu forum untuk kita berlomba-lomba tetapi sebagai wadah untuk kita saling bersilaturahmi dan sharing mengenai masalah akademik maupun non akademik jadi dalam kegiatan ini tidak ada yang namanya mencari peringkat atau untuk membuktikkan kira-kira kampus mana yg mendapatkan julukan kampus terbaik, jadi FAMI ini tujuannya sebagai wadah untuk kita bertukar pikiran antar mahasiswa jurusan ilmu Administrasi di Universitas seluruh Bali”, tegasnya.

Dekan Fisip Unwar Drs. I Wayan Mirta, M.Si dalam sambutannya mengatakan Provinsi Bali yg merupakan salah satu daerah di Indonesia memiliki potensi yg luar biasa. Hal ini mau tidak mau, baik secara langsung maupun tidak langsung membawa dampak sosial, ekonomi, politik dan budaya. Dampak tersebut dapat positif, dapat juga negatif bergantung dan arah kebijakan dan pemerintah daerah. Melihat pentingnya hal tersebut, dan adanya lembaga pendidikan secara khusus mengkaji serta mengalami hal tersebut, yaitu Ilmu Administrasi Negara, maka dari itu perlu adanya sinergi untuk saling melengkapi dan menjadi mitra dalam proses pembangunan Bali jangka panjang. Peran lembaga pendidikan secara khusus di bidang pemerintahan, dianggap belum maksimal dalam memberikan peran bersama-sama memberikan kajian dan rekomendasi kebijakan untuk Bali. Jadi kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan sebuah karya yg berbasis riset yg dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Bali secara khusus dan Negara pada umumnya, serta peka terhadap dinamika yg terjadi di lingkungan sosial maupun pemerintahan. Selain hal tersebut kegiatan ini dimaksudkan agar sesama mahasiswa Program Administrasi Negara dapat berbagi ilmu dalam arti sharing, kendala dalam hal akademik meliputi materi kuliah maupun kendala non akademik dalam hal organisasi.